Suggestions Menjadi Seorang Pemimpin Bisnis Leader

dalam bekerja, Pimpinan harus melakukannya dengan tuntas dan akurat berdasarkan kompetensi terbaik dan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi telah selaras juga dengan perilaku yangcredible dan unsur integrity. Berikan tugas dengan penekanan pada sasaran yang hendak dicapai, jika memungkinkan, janjikan imbalan atau hukuman yang sesuai. Pembelajaran berkesinambungan yakni belajar memperluas pengetahuan dan ketrampilan baik melalui proses pembelajaran formal maupun casual.

Dengan hubungan yang kuat sejak awal, proses komunikasi dan pekerjaan bisa berjalan lancar. Untuk itu, Anda mesti selalu mengamati kondisi pasar agar Anda bisa menyiapkan strategi bisnis yang matang untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Seorang pemimpin juga memiliki tanggung jawab untuk mendorong seluruh anggota timnya mencapai hasil yang lebih baik setiap harinya. Namun jika hasil yang didapat tidak sesuai ekspektasi, atau tidak lebih baik dari yang sebelumnya, maka tidak sedikit pemimpin yang langsung mencaci dan menghakimi bahwa apa yang dilakukan oleh timnya belum maksimal.

Megawati, yang semakin kritis terhadap rejim Suharto, dilihat sebagai sebuah ancaman nyata karena status ayahnya. Oleh karena itu, Pemerintah pusat mendukung Suryadi di sebuah konggres lain tanpa mengundang partisipasi Megawati. Ini menghasilkan pemilihan ulang Suryadi sebagai Ketua Umum namun Megawati jelas menolak mengakui hasil dari konggres buatan ini.

Karena sifat tersebut tidak akan disukai oleh karyawan dan juga tidak termasuk kategori pemimpin yang baik. Namun sebagai pemimpin sebaiknya selalu mengakui atas kesalahan yang telah diperbuat. Selain bersifat terbuka, pemimpin juga perlu memiliki sifat yang jujur. Karena memang sifat jujur ini merupakan kunci utama dan penting dalam meraih kesuksesan. Komunikasi atau interaksi yang dilakukan oleh pemimpin ini juga harus disesuaikan. Download Ebook HR Temukan pembahasan lengkap mengenai tren di dunia HR lebih mudah pada e book dari Talenta.

Memimpin suatu usaha baru

Dalam hal ini, perubahan SOP harus direncanakan dengan matang sebelum disampaikan ke semua karyawan, agar tidak terjadi kekacauan dan hambatan dalam pelaksanaan strategi. Tanpa alokasi budget yang tepat, segenap arah dan isi strategi akan gagal di-implementasikan. Contoh sederhanya adalah ketika perusahaan ingin mengadakan perluasan usaha dengan membangun kantor cabang baru di propinsi lain. Sayangnya, pembangunan kantor cabang baru itu terhambat di tengah jalan karena perencanaan biaya dan strategi bisnis yang kurang matang sebelum membuat keputusan pembangunan.

Seorang pemimpin perusahaan dapat menerapkan gaya kepemimpinan seperti ini untuk memotivasi tim saat berada di saat sulit maupun untuk mempererat hubungan antar anggotanya. Memimpin tim dimasa sulit dilakukan dengan pendekatan persuasif, khususnya dengan mempertimbangkan dampak dari pandemi Covid-19. Mungkin ada karyawan yang kehilangan anggota keluarga, kesulitan hidup, gaji dipotong, bekerja paruh waktu atau WFH yang sudah membosankan. Dalam kondisi krisis ini, keselamatan karyawan dan keluarganya menjadi prioritas utama, sekalipun tuntutan bisnis juga perlu mendapat perhatian. Sapaan, motivasi dan dukungan moril perlu dilakukan secara terus menerus, disamping membahas program kerja dan tugas-tugas yang dibicarakan dalam rapat digital. Pemimpin mengupayakan agar perusahaan memberi bantuan obat-obatan, supplement meals, dan dukungan perawatan pada saat karyawan/keluarga terindikasi positif Covid-19 serta memberi pendampingan khusus apabila ada karyawan/keluarga yang meninggal dunia.