Bulan Ramadan 2021 Semakin Dekat, Begini Cara Jitu Mengatur Keuangan Saat Bulan Puasa Di Tengah Pandemi

Baik untuk kebutuhan saat ini ataupun untuk kebutuhan di masa mendatang. Mungkin banyak yang berpikir jika rencana masa depan jangan terlalu dipikirkan. Padahal dengan memiliki rencana, kamu nantinya akan siap dengan berbagai kemungkinan. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan bijak agar tabungan terhindar dari krisis di masa depan. Nah, untuk itu Woop ingin membagikan lima tips dalam mengatur keuangan yang bisa kamu praktekkan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu berhutang dengan kartu kredit untuk membeli “keinginan” bukan “kebutuhan”.

Nah, kalau gaji kamu sebulan Rp 2 juta, paling gak kamu harus cari kostan dengan finances maksimal di Rp 300 ribu. Usahakan cari kostan jangan yang terlalu mewah, pilih yang standar aja yang penting aman dan nyaman. Dari gaji Rp 2 juta dipotong biaya kostan Rp 300 ribu, sekarang sisa uang gaji kamu Rp 1,7 juta. Pertama-tama kamu perlu tahu dulu jenis-jenis pengeluaran rumah tangga yang biasa keluarkan setiap bulannya.

Agar Anda bisa menabung dengan baik, kami akan memberikan suggestions menabung gaji yang mudah untuk dipraktikkan. Tetapi ingat, kamu harus bisa mengatur keuangan tersebut dengan baik, jangan lupa untuk menyisihkannya untuk dana darurat. Liputan6.com, Jakarta – Di tengah situasi pasar yang tak menentu akibat pandemi COVID-19, investasi bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatur keuangan. Dalam upaya mengatur keuangan, transaksi menggunakan uang tunai sangat di ajurkan. Karena semakin banyak pengeluaran yang kita lakukan maka akan terlihat uang tunai yang kita miliki akan berkurang banyak. Hal inilah yang nantinya akan mendorong kita untuk lebih berhemat.

Apabila iya, salah satu kesalahan deadly yang sering dilakukan adalah menyerahkan segala persoalan investasi pada satu pihak saja tanpa ikut terlibat. Efek dari sebuah investasi akan mempengaruhi keuangan Anda sekeluarga sehingga butuh kerjasama, saling keterbukaan dan saling pengertian, dalam memutuskan rencana investasi. Manfaatkan asuransi untuk kebutuhan proteksi atau perlindungan atas risiko saja, dan belilah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa dengan manfaat murni untuk perlindungan kesehatan maupun jiwa. Jika harus berutang, pastikan saja utang yang kamu ajukan adalah utang produktif. Dengan catatan, total utang kamu tidak melebihi nilai aset dan cicilan dari seluruh utang kamu per bulannya masih di bawah 35 persen dari penghasilan.

Mengatur keuangan

Walau begitu, Anda perlu memperhatikan juga hal apa saja yang memang perlu dan penting untuk dibeli, dan apa saja yang bisa ditunda pembeliannya. Ini akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk hal yang benar-benar diperlukan saja. Dengan menjualnya di pasar sekunder, kamu berpotensi mendapat potensi keuntungan capital acquire. Di samping itu, pajak final dari ORI018 juga hanya sebesar 15 persen atau lebih kecil dari deposito.

Setelah seluruh sumber pendapatan Anda catat, sekarang daftarkan seluruh biaya yang harus Anda keluarkan dalam sebulan. Hal-hal yang wajib sebaiknya didahulukan seperti, membayar kos, pulsa telepon, uang transportasi, uang kuliah, uang makan sehari-hari, uang pembelian buku, fotocopy dan alat tulis. Tabungan yang secara disiplin dan rutin Anda lakukan dapat ditujukan untuk investasi kecil-kecilan seperti deposito atau tujuan lainnya yang ingin Anda capai. Misalnya, membeli laptop atau printer yang merupakan kebutuhan untuk memperlancar pembuatan tugas kuliah. Intinya, tidak ada ruginya menabung dan tidak ada alasan apapun untuk tidak menabung.

– Pentingnya kita paham cara mengelola keuangan karena pada dasarnya persoalan keuangan bisa menjadi pemicu ketidakharmonisan rumah tangga. Masalah keuangan bisa menjadi polemik bila tidak disikapi dengan baik sejak awal menikah. Semua orang tua tentu menginginkan perencanaan simpanan atau investasi pendidikan untuk anak dapat terealisasi tepat pada waktunya. Sayangnya banyak hal dalam hidup yang berada diluar kuasa manusia. Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam manajemen keuangan rumah tangga untuk mempersiapkan masa depan terbaik untuk anak.

Dan jika hutang telah dibayar lunas, jangan sekali-kali berani meminjam lagi. Kelola uang dengan baik, agar Sedulur tidak melakukan pinjaman dan memiliki hutang. Memiliki kendaraan bermotor memang sangat membantu untuk aktivitas sehari-hari, namun kendaraan bermotor juga memerlukan biaya, terutama biaya bensin untuk kendaraan.

Selisih dari harga tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya. Membandingkan harga ini sebenarnya berlaku untuk apapun yang ingin kamu beli, baik smartphone, kosmetik hingga tiket pesawat. Dengan demikian, kamu sudah harus sadar bahwa kegiatan nongkrong atau hangout yang tidak begitu penting dikurangi.

Agar keuangan kamu setelah Lebaran kembali sehat, pastikan kamu segera mengembalikan arus kas keluar di bulan Juni ke pola yang normal. Caranya dengan disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melampaui pemasukan. Kembali selektif dalam mengelola pengeluaran untuk mengkompensasi pelonggaran yang kamu lakukan selama bulan puasa dan Lebaran. Untuk memperbaiki arus kas masuk, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari peluang untuk menambah pendapatan.