7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Yang Baik Dan Mudah

“Langkah selanjutnya, kita bisa mulai menabung kembali dan memulihkan perekonomian keluarga sambil menunggu gajian,” kata Dina. Mengatur keuangan bukan sebuah hal yang mudah, terlebih jika melihat diskon yang bertebaran di on-line store. Berhutang memang tidak dianjurkan, namun jika ada kebutuhan yang sangat penting maka sah-sah saja untuk berhutang. Pertimbangkan dulu apa konsekuensi dan risiko yang harus kamu hadapi jika berhutang, kemudian pertimbangkan juga apakah ada solusi lain selain berhutang. Yang terpenting, jangan berhutang jika tidak ada sangkut pautnya dengan keberlangsungan perusahaan, karena bisa berakibat fatal dan membahayakan usaha kamu.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini Anda bahkan bisa merapikan dan mengelola keuangan dengan baik lewat berbagai aplikasi yang tersedia di gadget. Misalnya saja, untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Hindari untuk menggunakan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari. Kartu kredit memang baik digunakan untuk mendapatkan promo, sehingga kamu bisa membayar lebih murah. Namun begitu, jika menggunakan kartu kredit secara terus menerus, biasanya akan ada kecenderungan untuk menggunakan secara tidak terkontrol. Tentunya hal ini bisa memberikan dampak buruk jika terjadi tanpa sadar, tagihan yang datang di bulan depan bisa membengkak secara tiba-tiba.

Mengatur keuangan

Tentu saja hunian, kendaraan atau investasi lain perlu dipikirkan dari sekarang. Target jangka panjang biasanya menyangkut ibadah haji, biaya pendidikan anak ataupun dana pensiun. Semuanya harus memahami mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana keinginan yang harus dikesampingkan. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim memang tidak mudah, apalagi jika harus menyisihkan uang untuk menabung.

Pada kenyataannya menabung itu memang bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Kita harus butuh tekad yang kuat untuk melakukannya, sehingga mampu mengatur keuangan lebih baik. Dan mampu menyisihkan sebagian pendapatan kita secara maksimal untuk di jadikan tabungan.

Apakah ada anggaran yang bisa dipotong dan diminimalkan jumlahnya? Pertimbangkan pula untuk mencari celah menambah pendapatan dengan usaha lain. Cara Mengatur Keuangan – Pernah ngerasain nggak, gaji yang baru aja masuk eh tiba-tiba habis karena bayar ini-itu? Nah, kesalahan pada cashflow ini harus segera dicari tau penyebab serta solusinya. Kalau nggak buru-buru dicari, uang dari gaji akan selalu habis dan akibatnya kamu tidak memiliki tabungan atau malah membuatmu berhutang.

Intip cara tepat mengelola keuangan dengan tips meraih cuan dari rumah. Ciptakan hidup sederhana dan minimalis dengan hal-hal yang dirimu butuhkan hanya sebagai kebutuhan. Jangan menimbun barang di rumah hanya untuk dibuang nanti karena tidak digunakan. Ciptakan visi dan rencana ke depan untuk masa depan menjalani kehidupan sederhana di mana dirimu tidak perlu khawatir tentang ke mana dirimu akan menghabiskan uang selanjutnya. Jika di pikirkan tentu hal ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan, di tambah lagi dengan terus terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok, tanah, properti yang bisa terjadi kapan saja. Inilah yang membuat sebagian orang merasa sudah bekerja bertahun-tahun.

Dan sedekah pikiran dapat dilakukan dengan ikut memberikan kritik dan saran yang membangun dalam diskusi keagamaan. Belum lagi, Anda dibebankan biaya penarikan tunai sebesar minimal Rp40.000 sampai Rp50.000 atau 4% dari jumlah penarikan. Dan bila Anda tak segera melunasinya di bulan pertama, jumlah hutang Anda akan semakin bertambah dengan bunga yang dibebankan. Kami telah memperbarui kebijakan privasi untuk mencerminkan komitmen kami dalam memastikan keamanan information Anda. Silakan lihat kebijakan privasi terbaru kami untuk informasi lebih lanjut. Dengan melanjutkan penelusuran di situs ini, Anda memberikan persetujuan terhadap hal yang sama.