10 Suggestions Mengatur Keuangan Tanpa Adanya Pemasukan Tetap

Para perencana keuangan dan para ahli keuangan sepakat bahwa utang konsumtif tidak disarankan. Selanjutnya, untuk membangun kekuatan finansial yang baik menurut Jasa Perencana Keuangan kita perlu memprioritaskan tabungan melalui kendaraan investasi. Remaja juga bisa melakukannya tentunya tanpa menganggu tugas dan kewajiban dalam menempuh pendidikan. Pada masa kini remaja banyak menjadikan selegram sebagai panutan, idola.

Hutang merupakan sebuah tanggung jawab yang memang harus kamu bayarkan. Sehingga mau kamu mengelak, kamu juga tetap harus membayarnya suatu hari nanti. Tanggungan di masa saat ini yang berbuntut panjang juga bisa mempengaruhi keuangan masa depan kamu. Apabila memang belum bisa, kamu harus bernegosiasi dengan sang pemberi pinjaman. Tak hanya itu, ketika berbelanja ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengecek harga dan membandingkan. Beberapa orang menganggap hal ini membuang waktu, padahal hal ini bisa menghemat setiap rupiah yang kamu miliki.

Misalnya 10% untuk tabungan, 5% untuk membayar premi asuransi kesehatan, dan 15% untuk investasi. Masalah yang datang sangat mungkin berpengaruh pada keuangan bisnismu. Untuk bisa menghadapi masalah yang demikian, pastikan kamu memiliki cadangan uang tunai yang dapat membantu meringankan beban sehingga kamu pun masih tetap bisa melanjutkan pengembangan usaha. Bagi yang telah memiliki tanggungan pribadi seperti cicilan atau tagihan, sisihkan pengeluaranmu sebesar 30% dari nominal gaji untuk membayar cicilan tersebut.

Mengatur keuangan

Namun, sebaiknya keputusan membuka cabang ini harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Tidak jarang pula banyak perusahaan yang terpaksa menutup kembali cabang karena kurang memberikan revenue dan malah menambah beban pengeluaran. Melakukan perjalanan pergi ke luar kota tidak ada salahnya, apalagi bila dalam hal berurusan dengan bisnis.

Dana darurat adalah dana yang sangat penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansial kita. Selanjutnya, alokasikan 30 persen pendapatanmu untuk membayar cicilan utang apabila kamu memilikinya. Namun, tentunya itu bukanlah alasan untuk kemudian membuat remaja tidak belajar mengatur keuangan. MASA remaja di dalam psikologi diartikan sebagai masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa di mana seseorang mulai belajar banyak hal untuk mempersiapkan diri menjadi dewasa. Salah satu ketrampilan yang harus mulai dipelajari remaja adalah bagaimana mengatur keuangan.

Simak ulasan ideas dan cara jitu bagaimana mengatur keuangan keluarga dengan trik sederhana sekaligus cerdas yang bisa kamu lakukan. Ketika Anda masih lajang mungkin urusan menabung dan investasi tidak menjadi prioritas. Namun, setelah menikah harus mulai memikirkan cara mengatur keuangan dengan mendahulukan tabungan dibanding mencukupi gaya hidup.

5% dari penghasilan bisa digunakan pasangan untuk biaya bersenang-senang setiap bulan, entah itu menonton movie atau dinner di luar rumah. Jangan pernah terlalu lama terlena dengan buaian ungkapan “nikmati masa muda”. Karena dapat digunakan untuk berbagai hal seperti membeli rumah, membayar keperluan tak terduga, musibah dan lain-lain. Cara ini bertujuan untuk menjauhkan Anda dari hal-hal kurang dibutuhkan, seperti membeli kebutuhan yang ternyata tidak penting hingga belanja diskonan di market. Sejatinya hidup hemat sangatlah mudah, jika dikerjakan dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Setelah itu, sisihkan uang untuk semua kebutuhan bulanan yang telah Anda catat tadi agar tidak terpakai.

Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Tidak jarang orang memiliki banyak utang dan cicilan namun pada tengah bulan saja uang gaji mereka sudah habis. Sementara itu, survei perusahaan teknologi finansial Modal Rakyat menunjukkan 46% atau sekitar fifty three responden pekerja Indonesia menggunakan THR untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya.